Bantu Atasi Dampak Covid-19, Pertamina Distribusikan 1.800 Paket Sembako untuk Lansia

0
710

Pertamina kembali mendistribusikan bantuan sebanyak 1.800 paket sembako, bagi masyarakat DKI Jakarta yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19 yang melanda Indonesia. Kali ini, bantuan difokuskan kepada para lanjut usia (lansia) yang tinggal di wilayah Jakarta Utara. 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, Pertamina menggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT) serta Pemerintah Kota Jakarta Utara selaku Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 untuk mendistribusikan bantuan paket sembako kepada para lansia melalui Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU) agar tepat sasaran. 

“Para lansia merupakan salah satu komponen masyarakat yang paling terdampak secara ekonomi akibat Covid-19. Pertamina ingin turut membantu meringankan beban para lansia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” terang Fajriyah.

Selain memberikan bantuan sembako, Pertamina juga kembali memberikan bantuan pembuatan washtafel portabel dan supply air bersih di 6 lokasi di Jakarta Utara. Lokasi 6 titik tersebut sedang dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jakarta Utara.

“Bantuan washtafel portabel untuk memudahkan masyarakat menjaga pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun. Hal ini diharapkan bisa mencegah penyebaran Covid-19,” imbuh Fajriyah. 

Bantuan tersebut diserahkan VP CSR & SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita yang secara simbolis diterima oleh Wakil Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Senin (20/4). Dalam sambutannya, Wakil Walikota Jakarta Utara menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pertamina yang telah banyak membantu penanganan Covid-19 di wilayah Jakarta Utara. Di wilayah ini, Pertamina tercatat memiliki sejumlah fasilitas penting perusahaan antara lain Integrated Terminal Jakarta : Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Priok, dan LPG Terminal Priok, Pertamina Lubricant, Patra Niaga, PGN dan Nusantara Regas.

“Kami menyampaikan terima kasih atas berbagai bantuan dari Pertamina yang disalurkan di wilayah Jakarta Utara, baik berupa masker, APD, hand sanitizer, wastafel portabel, penyemprotan disinfektan hingga paket sembako dan makanan siap saji,” ujar Ali Maulana. 

Menurut Ali Maulana, penerima bantuan di wilayah Jakarta Utara cukup beragam mulai dari tenaga medis di RS maupun Puskesmas, perawat, petugas Satgas Covid-19 serta masyarakat umum, termasuk lansia. 

Melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), imbuh Ali Maulana, Pertamina telah memberikan bantuan masker sebanyak 22.600 buah, bantuan APD untuk tenaga medis di RS maupun di fasilitas kesehatan Puskesmas, bantuan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di 12 sarana ibadah di 4 kelurahan yakni Lagoa, Rawa Badak Selatan, Koja dan Rawa Badak Utara. 

Selain itu, Pertamina juga telah menyediakan Foodtruck untuk paket makanan bagi paramedis di RS Sulianti Saroso, bantuan makanan siap saji bagi masyarakat terdampak di Kel Rawa Badak Selatan, bantuan wastafel portable di fasilitas umum dan Puskesmas di lingkungan kecamatan Koja, dan publikasi edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (standing banner) di 6 Puskesmas.

Pertamina juga telah mendistribusikan 120 paket Hygiene Kit dan 120 paket pangan siap saji yang diberikan kepada para buruh pelabuhan, tukang becak, kuli dan pekerja kasar lainnya.

Dari keseluruhan bantuan yang telah disalurkan Pertamina di wilayah Jakarta, sejak masa darurat Covid 19 mencapai Rp 1,5 Milyar.

“Sebagai BUMN, Pertamina akan terus hadir membantu masyarakat bawah yang terkena dampak Covid-19. Pertamina juga telah menyiapkan berbagai rumah sakit sakit rujukan Covid-19 untuk membantu merawat pasien yang terinfeksi virus Corona,” pungkas Fajriyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here