Brasil Tingkatkan Ekspor Minyak Mentah ke Asia

0
210

Pemerintah Brasil meningkatkan ekspor minyak mentah ke negara-negara Asia pada paruh pertama 2020 di tengah pengurangan produksi minyak negara besar.

Pengurangan produksi minyak negara produsen utama seperti Arab Saudi dan Rusia bertujuan menjaga harga minyak mentah agar tidak semakin turun di tengah melemahnya permintaan akibat pandemi Covid-19.

“Perusahaan minyak negara Brasil, Petrobras, menawarkan harga minyak mentah kompetitif untuk minyak berkualitas tinggi seiring pembukaan ekonomi oleh Cina,” begitu dilansir Reuters pada Senin, 20 Juli 2020.

Cina memanfaatkan ini dengan membeli minyak pada harga termurah dalam beberapa dekade ini untuk mengisi pusat penyimpanan strategis minyak.

“Jika kami punya minyak lebih banyak maka Cina akan membelinya,” kata Roberto Castello, kepala eksekutif Petrobras, seperti dilansir Reuters.

Menurut dia, pada paruh kedua 2020 ini tidak ada lagi minyak ekstra untuk dijual karena permintaan Brasil mulai pulih. Brasil merupakan negara peringkat kedua terparah untuk pandemi Covid-19.

“Cina merupakan destinasi untuk 70 persen ekspor Brasil,” kata manajemen Petrobras.

Menurut data dari Refinitv Eikon, yang mencatat data transaksi minyak, negara-negara Asia mengimpor sekitar 1.07 juta barel minyak dari Brasil per hari.

Ini setara sekitar 30 persen lonjakan. Cina mulai memulihkan ekonomi setelah berhasil meredam pandemi Covid-19 di Wuhan, Cina bagian tengah, yang menjadi episentrum awal seperti dilansir Channel News Asia. Ekonomi Cina juga mulai tumbuh seperti terlihat pada kwartal kedua 2020 dengan aktivitas ekspor yang membaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here