Pertamina Hulu Rokan Temukan Cadangan Migas Baru di Lapangan Blok Rokan

0
278

Seputarenergi – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil menemukan potensi sumber daya dan cadangan baru minyak dan gas (migas) di lapangan yang sudah ada (existing) di Blok Rokan. Penemuan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memperpanjang usia Wilayah Kerja (WK) Rokan melalui kegiatan eksplorasi dengan penerapan studi dan konsep baru.

Edwil Suzandi, EVP Upstream Business PHR WK Rokan, menjelaskan, “Penemuan tersebut sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam upaya memperpanjang usia Wilayah Kerja (WK) Rokan melalui kegiatan eksplorasi dengan penerapan studi dan konsep baru.”

Eksplorasi PHR WK Rokan, dengan dukungan subholding upstream Pertamina dan SKK Migas, terus melakukan studi dan inovasi dalam upaya meningkatkan jumlah produksi di Blok Rokan. Salah satu fokus mereka adalah studi potensi eksplorasi target dangkal, seperti studi potensi reservoir Telisa WK Rokan.

“Produksi rata-rata PHR WK Rokan saat ini berkisar 160 ribu barel minyak per hari (BOPD) dari aset seluas lebih kurang 6.400 m2. PHR bergerak cepat mencari sumber daya dan cadangan baru di wilayah kerja paling produktif di Indonesia,” tambah Edwil.

Perusahaan berorientasi pada penerapan konsep dan teknologi baru di area yang sudah ada (existing), memungkinkan mereka lebih cepat memprediksi risiko dan ketidakpastian penemuan cadangan baru di wilayah kerja yang mature. Ladang minyak yang sudah matang tetap menarik di masa yang tidak menentu karena investasi yang teratur dan dapat diandalkan.

Tim eksplorasi PHR WK Rokan melakukan evaluasi kembali seluruh aspek bawah permukaan dengan mengoptimalkan data seismik dan log sumur terdahulu melalui konsep baru interpretasi bawah permukaan. Metode ini berhasil menambah portofolio penemuan tambahan sumber daya eksplorasi sekitar 350 juta barel minyak di formasi Telisa.

Edwil menegaskan, “Penemuan ini menunjukkan bahwa meskipun Blok Rokan merupakan wilayah dengan hidrokarbon yang relatif matang, namun masih memiliki sisa potensi eksplorasi yang signifikan.” Penemuan ini positif terhadap target temuan sumber daya baru di Rokan dan diharapkan dapat menjaga kelangsungan pasokan energi nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here