Perkokoh 4 Tahun Transformasi Organisasi, Pertamina Gelar AKHLAK Fest 2024

0
202

Seputarenergi – PT Pertamina (Persero) menggelar AKHLAK Fest 2024 untuk memperkokoh transformasi perusahaan yang sudah dijalankan dalam 4 tahun terakhir. Acara yang dipusatkan di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa, 9 Juli 2024 ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Komisaris Utama Pertamina Simon Aloysius Mantiri, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, serta ribuan Perwira Pertamina.

AKHLAK Fest 2024 bertujuan untuk terus memperkuat budaya kerja AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) yang telah menjadi landasan kuat dalam transformasi Pertamina menuju perusahaan energi kelas dunia. Pada kesempatan ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi pelaksanaan acara ini. “Saya sudah mungkin saya datang sudah dua atau tiga kali ke acara AKHLAK Pertamina,” ujarnya.

Erick juga berharap agar seluruh Perwira Pertamina tidak hanya menjadikan AKHLAK sebagai jargon, melainkan menerapkannya dalam aktivitas keseharian. “Dan saya lihat transformasi yang terjadi di Pertamina juga saya sudah lihat bagaimana people transformationnya juga terasa,” tambah Erick.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan bahwa nilai-nilai AKHLAK harus terus diinternalisasi di dalam perusahaan agar Pertamina bisa terus memberikan kontribusi yang efisien bagi masa depan yang lebih baik. “Kita harus ingat bahwa sebagai perusahaan energi, kita ingin menjadi katalis dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jadi kalau pertumbuhan ekonominya itu 7%, maka kita harus bisa memprovide energi 1,8 kalinya atau 2 kalinya,” ujarnya.

Nicke menambahkan, sebagai BUMN, Pertamina memiliki tugas utama menjaga ketahanan dan mengamankan kebutuhan energi nasional. Selanjutnya, tugas Pertamina adalah melakukan dekarbonisasi dan penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan bahwa AKHLAK Fest 2024 diharapkan menjadi perekat Perwira Pertamina Group dengan semangat One Pertamina sekaligus sebagai ajang showcase program budaya seluruh entitas Pertamina Group. “Panduan budaya kerja AKHLAK telah mendorong keberhasilan transformasi Pertamina menjadi perusahaan yang lebih lincah, adaptif, serta efisien sehingga kinerja perusahaan terus menunjukkan tren positif terutama dalam 4 tahun terakhir,” ujar Fadjar.

Budaya AKHLAK, tambah Fadjar, akan terus diperkuat dalam mendukung inisiatif strategis perusahaan seperti penerapan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), Environmental, Social & Governance (ESG), dan transformasi digital. “Pertamina menjadikan AKHLAK sebagai identitas dan implementasi budaya kerja untuk mewujudkan perusahaan energi global terkemuka dan bereputasi ramah lingkungan serta memiliki tanggung jawab sosial dan tata kelola yang baik,” imbuh Fadjar.

AKHLAK Fest 2024 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan talkshow, Perwira Award, serta aktivasi kegiatan komunitas pekerja di Pertamina Group. Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here