Terobosan Peduli Lingkungan Bersama MyPertamina, Tukar Sampah Plastik Jadi Rupiah

0
381

PT. Pertamina (Persero) bersama Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepakat bersinergi untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan terbebas dari sampah.

Program “Peduli Lingkungan Bersama MyPertamina” mengajak masyarakat untuk memilah serta mengumpulkan sampah plastik dan ditukarkan dengan pundi-pundi rupiah non tunai lewat aplikasi MyPertamina di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di Temanggung.

Peluncuran program ini dihadiri oleh Pejabat setempat pada Kamis (8/10) bertempat di di SPBU 4456213 Manding, Kabupaten Temanggung. Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengatakan sangat mengapresiasi program kerja sama penukaran botol plastik mineral di SPBU untuk mendapatkan bensin.

Ia mengatakan bahwa ide penukaran sampah ini akan berdampak baik terhadap bidang-bidang lainnya, seperti mengubah mindset warganya. “Penukaran sampah dengan BBM sebagai ide yang luar biasa, karena mempunyai efek domino besar baik secara ekonomi maupun psikologi di masyarakat” katanya.

Bupati juga berharap program ini akan sukses dan Temanggung akan bersih dari sampah botol mineral, di satu sisi masyarakat dapat keuntungan dengan mendapatkan BBM. Selain program terobosan dari Pertamina ini, juga masih ada sejumlah program dan kegiatan lain untuk mewujudkan Temanggung bebas sampah seperti penguatan bank sampah hingga tingkat RT.

Program “Peduli Lingkungan Bersama MyPertamina” merupakan wujud dari kepedulian dalam menciptakan  lingkungan bersih, melalui penukaran sampah plastik dengan saldo MyPertamina yang bisa digunakan untuk membeli BBM. Pertamina mengajak masyarakat memilah serta mengumpulkan sampah plastik dan ditukarkan dengan pundi-pundi rupiah non tunai lewat aplikasi MyPertamina di SPBU Pertamina di Temanggung.

Sales Manajer Area Semarang PT Pertamina, Hary Prasetyo Wicaksono menyampaikan program tersebut merupakan sinergi kerja sama antara Pertamina dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk mewujdukan lingkungan yang lebih bersih lewat pengelolaan sampah plastik yang dimulai dari warganya.

Dengan program tersebut, Pertamina mengajak masyarakat memilah serta mengumpulkan sampah plastik dan ditukarkan dengan pundi-pundi rupiah non tunai lewat aplikasi MyPertamina di SPBU Pertamina di Temanggung.

“Setiap penukaran 15 botol minuman plastik ukuran 1.500 ml atau 25 botol minuman plastik ukuran 600 ml, masyarakat dapat memperoleh uang nontunai Rp500 dalam bentuk saldo MyPertamina yang juga terintegrasi dengan saldo LinkAja. Hal ini berlaku kelipatan dan dapat digunakan untuk pembelian produk-produk Pertamina melalui MyPertamina.” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here