Pertamina Peduli Bencana Longsor Sumedang, Gempa di Majene dan Mamuju

0
534

Pasca bencana tanah longsor yang melanda Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1) lalu, PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat mendukung penyediaan LPG bagi operasional Posko Dapur Umum, serta Bahan Bakar Minyak (BBM) Dexlite untuk operasional alat berat ekskavator (mesin pengeruk), yang dikelola Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sumedang. 

Bantuan berupa 60 tabung LPG Bright Gas 12 Kg (Kilogram) disalurkan untuk total empat Posko Dapur Umum yang sehari-hari difungsikan bagi 985 jiwa pengungsi, serta personil tim SAR (Search and Rescue) yang terdiri dari tim Basarnas, TNI, Polri, dan Tagana BPBD Kabupaten Sumedang, yang hingga saat ini masih melakukan operasi pencarian korban yang hilang. 

“Kami turut prihatin dan peduli atas bencana yang menimpa warga Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Diharapkan pasokan tabung LPG dapat mendukung penyiapan makanan bagi masyarakat yang mengungsi, maupun bagi tim SAR yang saat ini masih terus bekerja melakukan pencarian korban,” tutur Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan.

Bantuan sebanyak 60 tabung LPG Bright Gas 12 Kg telah diserahkan langsung pada Rabu (13/1) di Posko Gabungan Penanggulangan Bencana Alam Cimanggung yang berlokasi di Gedung SMAN 1 Cimanggung, oleh Sales Branch Manager Rayon III Bandung Faris Aceriza, kepada Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Sumedang Nasam SE AK.

Sedangkan bantuan BBM jenis Dexlite disalurkan mulai Kamis (14/1), untuk operasional empat hari kerja alat berat ekskavator (mesin pengeruk), yang digunakan untuk proses pencarian dan evakuasi.

“Kami berupaya semaksimal mungkin menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, sekaligus menyuplai energi untuk mendukung kebutuhan utama proses evakuasi,” tambah Eko.

Paska kejadian gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat dan sekitarnya pada Jumat (15/1) 01.28 pagi WITA, bantuan terus berdatangan.
Salah satunya dari tim Pertamina Peduli Regional Sulawesi secara sigap merespon cepat kondisi tersebut dengan mengirimkan bantuan berupa sembako, logistik, perlengkapan dapur umum serta obat-obatan di wilayah Kabupaten Majene dan Mamuju.

Beberapa bantuan diberikan melalui posko Satgas BUMN di Majene dan Mamuju serta secara langsung bantuan diserahkan di beberapa titik pengungsian. Pada Sabtu (16/1), Region Manager Retail Sales VII dan Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Regional Sulawesi memberikan bantuan secara simbolis diterima Bupati Kabupaten Majene, H. Lukman, S.Pd., M.Pd di Posko Induk Ulumanda, Kabupaten Majene.

Pertamina menyalurkan bantuan berupa sembako, makanan cepat saji, popok bayi, peralatan mandi, alat kebersihan dan kebutuhan sehari – hari lainnya serta obat – obatan. Selain itu, Pertamina juga memberikan bantuan berupa Bright Gas 5.5 kg sebanyak 50 tabung dan Bright Gas 12 kg sebanyak 10 tabung untuk keperluan kegiatan memasak di dapur umum di lokasi terdampak Kab. Majene dan Kab.Mamuju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here