Alasan Daerah Lepas Pantai Biasanya Terdapat Aktivitas Penambangan Gas Bumi

0
324

Seputarenergi.com- Penambangan minyak dan gas bumi merupakan salah satu sumber perekonomian Indonesia. Di mana Indonesia memiliki cadangan minyak bumi dan gas bumi yang cukup melimpah terutama di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu kawasan yang sering dijadikan tempat penambangan minyak bumi dan gas bumi adalah daerah lepas pantai. Lalu mengapa daerah lepas pantai biasanya terdapat aktivitas ekonomi berupa penambangan gas bumi dan minyak bumi? Ternyata ini alasannya.

Jadi ada beberapa alasan mengapa daerah lepas pantai meskipun berada di tengah lautan tetap ada aktivitas ekonomi. Bahkan aktivitas tersebut tergolong aktivitas ekonomi dengan skala besar. Salah satu alasannya adalah sumber minyak bumi dan gas biasanya terdapat di wilayah lepas pantai sampai laut dalam.Hal tersebut disebabkan karena adanya pergeseran lapisan batuan alami dari bumi.

Akibat adanya gerakan kerak bumi yang menimbulkan pergeseran pada lapisan batuan, seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Di beberapa tempat, gerakan bumi melengkungkan lapisan batuan dan menciptakan perangkap minyak yang sangat besar.

Bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas akan terperangkap di antara lapisan lapisan batuan, kemudian akan mengalami proses dengan memakan waktu yang sangat lama dan akan membentuk minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi dan gas alam diduga terbentuk dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati dan tertimbun selama berjuta-juta tahun lampau membentuk fosil.

Penambangan Lepas Pantai

Dikutip dari buku Geografi Menyingkap Fenomena Geosfer karya Ahmad Yani dan Mamat Ruhimat, (Grafindo) dijelaskan bahwa pengeboran minyak lepas pantai merupakan pengeboran yang dilakukan di laut lepas pantai sampai laut dalam. Namun metode ini sebenarnya juga dapat diterapkan di lokasi lain seperti rawa, sungai maupun danau.

Agar bisa melakukan proses pengeboran minyak dan gas bumi di lepas pantai maka membutuhkan berbagai alat bantu yang biasa disebut dengan rig pengeboran. Yaitu suatu bangunan dengan peralatan untuk melakukan pengeboran ke dalam reservoir bawah tanah untuk memperoleh air, minyak, atau gas bumi atau deposit mineral bawah tanah.

Demikian adalah pembahasan mengenai alasan mengapa daerah lepas pantai biasanya terdapat aktivitas ekonomi berupa penambangan gas bumi dan minyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here