Jokowi Dorong Negara Maju Penuhi Janji Pendanaan Transisi Energi

0
329

Sumberenergi.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pemenuhan janji pendanaan transisi energi oleh negara maju dalam pertemuan KTT G7 2023. Jokowi mengingatkan pemimpin-pemimpin negara maju terkait komitmen mereka untuk menyediakan pendanaan senilai US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.490 triliun per tahun (kurs Rp 14.900) bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Hingga saat ini, janji pendanaan tersebut belum terpenuhi sepenuhnya, sehingga Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya merasa ragu terhadap komitmen negara maju dalam mendukung transisi energi. Jokowi menegaskan bahwa pendanaan yang dibutuhkan untuk transisi energi harus bersifat konstruktif dan bukan berupa utang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Jokowi mengimbau seluruh negara di dunia untuk mengubah pendekatan dalam menghadapi perubahan iklim, dari “burden shifting” menjadi “burden sharing“. Semua negara diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menyampaikan tindakan nyata yang telah dilakukan Indonesia untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim. Hal ini termasuk peningkatan target penurunan emisi nasional, pengurangan laju deforestasi, rehabilitasi hutan mangrove, dan rehabilitasi lahan kritis. Selain itu, Indonesia juga telah berhasil menurunkan angka kebakaran hutan, membangun Kawasan Industri Hijau, dan mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV).

Menteri Retno menekankan bahwa komitmen Indonesia ini perlu didukung melalui kemitraan yang memberdayakan. Jokowi berharap agar negara maju dapat memenuhi janji pendanaan transisi energi untuk memastikan kelangsungan upaya mitigasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, kerjasama global dan komitmen bersama dari negara-negara di seluruh dunia sangat penting. Diharapkan bahwa melalui dialog dan kolaborasi, pendanaan yang dibutuhkan untuk transisi energi dapat terpenuhi dan langkah-langkah konkrit dapat diambil untuk menjaga bumi kita lebih hijau dan berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here