Pertamina Pastikan Ketersediaan Energi Selama World Surf League

0
203

Sabtu, 21 Oktober 2023 sore, sejumlah peselancar mancanegara terlihat ‘’menari-nari” menikmati sensasi ombak besar di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Tak hanya peselancar dari luar negeri yang menikmati ombak, nampak terpantau sejumlah peselancar asal Pesisir Barat, juga mencoba ombak dengan papan selancarnya.

Salah satu peselancar dari Australia Jesi (23) mengaku, dirinya sangat menyukai ombak yang ada di pantai Pesisir Barat, Lampung ini.

“Saya sangat suka ombak di sini, dan sudah dua kali mengikuti Kejuaraan Internasional World Surf League (WSL) Krui Pro, yakni tahun 2022 dan tahun 2023 lalu. Mungkin tahun depan saya ikut lagi,” katanya pula.

Pantai Tanjung Setia dijadikan lokasi Kejuaraan Internasional World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 yang terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk berselancar.

Ombak Pantai Tanjung Setia memiliki ketinggian berkisar antara 6-7 meter, dan memiliki jenis ombak yang sangat panjang mencapai 200 meter, merupakan salah satu spot selancar terbaik di dunia.

Kejuaraan WSL Krui Pro itu mendapatkan dukungan pemerintah, swasta maupun pemangku kepentingan lainnya, untuk meningkatkan kunjungan wisata dana perekonomian di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Salah satunya adalah Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mendukung gelaran World Surf League (WSL) Krui Pro yang merupakan event olahraga surfing bertaraf internasional.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Zibali Hisbul Masih dalam keterangan resmi yang diterima di Bandarlampung, Senin (12/6) lalu, mengatakan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel kembali mendukung event bertaraf internasional World Surf League (WSL) Krui Pro yang diselenggarakan di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada 12 hingga 18 Juni 2023.

“Pertamina siap mendukung penuh pasokan energi untuk kelancaran World Surf League Krui serta masyarakat di wilayah Krui,” kata Zibali.

Ia mengatakan bahwa Pertamina memberikan dukungan dengan menyediakan pasokan BBM jenis Pertamina Dex dan Pertamax masing-masing sebanyak 5.000 liter serta Avtur sebanyak 1.400 liter untuk kebutuhan operasional selama kegiatan WSL Krui Pro 2023 berlangsung.

Pihaknya juga menyiapkan layanan untuk masyarakat dengan menyediakan bahan bakar minyak (BBM) di 5 SPBU, 11 Pertashop, dan 166 pangkalan LPG wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Zibali menyebutkan sarana dan fasilitas Pertamina di Kabupaten Pesisir Barat saat ini telah siap memenuhi kebutuhan energi untuk masyarakat dan para wisatawan yang hadir dalam kegiatan WSL Krui tersebut.

Reinhard, wisatawan asal Purwakarta, Jawa Barat yang mengendarai sepeda motor untuk menyaksikan ajang olahraga surfing ini membagikan pengalaman menggunakan Pertamax selama perjalanan.

“Selama dua hari menempuh perjalanan, tidak ada kendala dan pakai Pertamax bikin tarikan motor jadi lebih enteng,” ujar Reinhard.

Riadi, warga Lampung Selatan mengaku ke Pesisir Barat untuk menyaksikan kejuaraan internasional surfing itu.

Ia juga membagikan pengalamannya mengendarai mobil menggunakan Pertamax selama perjalanan.

“Jarak tempuh menuju lokasi surfing bisa mencapai 9 jam. Kondisi jalan juga kadang menanjak curam dan juga berkelok-kelok. Saya menggunakan Pertamax selama perjalanan karena tarikan mobil lebih kencang,” katanya lagi.


Apresiasi Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang diwakili oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpparekraf) Fadjar Hutomo menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang berkolaborasi dengan World Surf League serta Persatuan Selancar Indonesia atas ide dan semangatnya, sehingga event ini dapat terlaksana.

“Penyelenggaraan event ini diharapkan dapat menjadi pengungkit pariwisata dan geliat ekonomi kreatif Indonesia khususnya di Pesisir Barat, Lampung. Suksesnya acara ini akan menjadi berita baik yang dapat menarik wisatawan datang kembali ke Pesisir Barat untuk menikmati dan meramaikan segala potensi pariwisatanya,” kata Fadjar Hutomo.

Antusiasme para peserta di ajang WSL Pro 2022 diharapkan dapat menjadi ajang promosi pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

“Menurut saya Pesisir Barat ini sangat berpotensi dan menjadi daya tarik sangat natural, dan ini bisa menjadi cabang olahraga yang kita unggulkan, sehingga ini bisa berdampak pada terbukanya lapangan kerja,” ujarnya pula.  

Kompetisi World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 dilaksanakan di Pantai Karang Nyimbor, Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung dan diikuti sebanyak 294 atlet selancar dari 14 negara meliputi kategori surfing Men’s & Womens, Pro Junior Men, dan Pro Junior Women. Disertai pula rangkaian kegiatan penampilan seni budaya Pesisir Barat dan Bazar UMKM.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan WSL Krui Pro merupakan kegiatan yang penting, terutama bagi masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat.

Pada kesempatan ini, Pertamina memberikan dukungan dengan menyediakan pasokan BBM untuk kebutuhan operasional selama kegiatan WSL Krui Pro berlangsung, serta menyiapkan layanan untuk masyarakat dengan menyediakan BBM di SPBU, Pertashop, dan pangkalan LPG wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Nikho menambahkan, Pertamina secara korporasi mendukung kegiatan pemerintah yang dapat meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia.

“Pertamina mendukung pasokan BBM selama WSL 2023 serta kegiatan pemerintah yang dapat meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia,” katanya pula.

Pertamina berharap dukungan penuh pasokan energi itu, selain untuk menopang kesuksesan ajang surfing dunia, sekaligus memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here