Ringankan Masyarakat Dampak Corona, Pertamina Peduli Salurkan Bantuan Sembako

0
451

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV (MOR IV) membagikan sebanyak 150 paket bantuan sembako di sekitar Markas Polda DI Yogyakarta , Kamis (16/4). Selain pembagian bantuan sembako, Pertamina yang bekerjasama dengan Polda DI Yogyakarta melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait langkah pencegahan penyebaran wabah Covid-19 di Yogyakarta.

“Paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat yogyakarta hari ini diharapkan dapat meringankan sedikit beban mereka atas dampak dari wabah Covid-19 ini. Khusus wilayah Yogyakarta, bantuan kali ini merupakan kelanjutan dari bantuan-bantuan yang telah kami realisasikan sebelumnya, seperti bantuan wastafel portabel di beberapa titik di Kota Yogyakarta, Bantuan nutrisi serta LPG untuk rumah sakit rujukan, serta bantuan lainnya” Ungkap Teuku Johan Miftah selaku Pjs General Manager Pertamina MOR IV.

Secara tidak langsung dampak dari penyebaran wabah Covid-19 ini berdampak kepada penurunan pendapatan masyarakat. Bantuan yang berisi paket sembako tersebut diserahkan pada pengemudi ojek online dan masyarakat sekitar Markas Polda DIY.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak atas terjalinnya kolaborasi antara Pertamina bersama Polda DIY, bantuan hari ini semoga dapat berkesinambungan dapat dilaksanakan serta mampu mengurangi sedikit beban yang tengah dirasa masyarakat” terang Karolog Polda DI Yogyakarta Kombes Pol Joehanies Riyanto, SIK.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hal yang paling penting dalam mencegah penularan virus Covid-19 adalah upaya menjaga kebersihan. Sering mencuci tangah dengan sabun dan air mengalir dinilai efektif membunuh virus di tangan. Selain itu, kurangi menyentuh area mata, hidung dan mulut. Tangan yang menyentuh banyak permukaan wajah dapat membawa virus dan dapat masuk ke tubuh. Upaya menjaga jarak paling tidak dua meter dan menggunakan masker dinilai efektif untuk mencegah penyebaran virus ini.

Sementara itu di beberapa lokasi ring 1 operasional Pertamina MOR IV diberikan berbagai bantuan berupa 300 paket sembako di Kelurahan kemijen, semarang timur, bantuan 150 paket APD untuk RS rujukan Covid-19 dan Fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabun (FCTPS) di Wilayah Maos.

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina menyalurkan dana kemitraan kepada para pelaku usaha untuk pengembangan bisnsinya. “Dana kemitraan yang diberikan dalam bentuk program kemitraan Pertamina ini menjadi salah satu misi dari kementerian BUMN untuk meningkatkan perekonomian para pelaku usaha UMKM”, ungkap Johan. Ia menambahkan, ada berbagai sektor usaha yang dapat diberikan dana kemitraan Pertamina seperti sektor perdagangan, perkebunan, jasa, pertanian dan lainnya. “Sesuai instruksi dari kementerian BUMN, maka Pertamina dan BUMN lainnya akan turut membantu para pelaku usaha UMKM di tengah bencana covid-19”, tambah Johan.

Salah satu pelaku usaha konveksi, Budi Turmoko, yang telah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina MOR IV dengan nama usaha “moko konveksi”, mengatakan saat ini sedang mengubah produk usahanya dari menjadi pembuatan masker berbahan dasar kain. “kami mendapat permintaan yang cukup banyak untuk membuat masker kain tersebut dan Alhamdulillah usaha kami juga dapat terus berjalan”, ungkap Budi Turmoko. Sementara itu, masyarakat yang berada di ring 1 tepatnya di Desa Karangrena, wilayah operasional Pertamina Fuel Terminal Maos, juga mengembangkan usahanya untuk membuat baju hazardous material (hazmat) yang telah sesuai dengan standar medis.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) senantiasa akan memberikan informasi terkait penyaluran BBM, LPG, petrokimia serta produk Pertamina lainnya melalui berbagai platform media digital maupun konvensional. Jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh pada google playstore atau apple store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here