Sandiaga Uno Sebut Bahwa Bisnis EBT akan Jadi Tren Menjanjikan di Masa Depan

0
228

Perkembangan zaman akan menggeser bisnis eksisting saat ini. Pembisnis Sandiaga Uno menyebut ada tiga bisnis yang akan menjadi tren dan menjanjikan di masa depan (long term winner).

Pertama, bisnis energi dari yang mengandalkan bahan bakar fosil akan berubah menjadi energi yang ramah lingkungan. Ia menyebut, bisnis energi terbarukan seperti mobil listrik dan battery storage akan menjanjikan di masa depan.

“Ke depan akan ada investasi besar-besaran di bidang energi baru terbarukan termasuk electric vehicle (EV), battery storage, dan energi ramah lingkungan. Ini akan jadiunstoppabletrend nomor tiga di dunia,” kata dia dalam unggahan di Instagram, Minggu (23/8).

Dua bisnis lainnya yang menjanjikan di masa depan adalah yang berkaitan dengan dunia digital. Dengan akselerasi digital, akan lahiremerging fintech, revolusi data, danartificial intelligence.

Terakhir, bisnis yang laku di masa depan adalah bisnis kesehatan. Apa pun produk yang diciptakan untuk kesehatan manusia akan laku.

Kata dia, masyarakat senang sekali bisa hidup sehat dan umur panjang. Percuma umur panjang tapi enggak sehat.

“Jadi, semua yang berkaitan dengan hidup sehat ini laku ke depan, ini yang unstoppabletrend di dunia juga. Tiga hal ini jadilong term winner, mungkin enggak ada di IHSG, tapi carilah perusahaan-perusahaan yang mengkhususkan dengan manajemen kuat, mereka berinvestasi di tiga tren utama ini,” ujarnya.

Di Indonesia, bisnis energi terbarukan juga tengah digalakkan. PT Pertamina (Persero) pun sudah melirik bisnisbattery storage yang bahan bakunya berasal dari nikel melimpah di dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here