Gaet 3.000 Peserta di Hari Pertama & Dipuji Pejabat Negara, Inilah Keseruan Pertamina SMEXPO 2020!

0
274

Pertamina SMEXPO 2020 mencatat sudah lebih dari 3.267 orang yang mendaftar di hari pertama. Dalam pembukaan acara pertama ini turut hadir 4 Menteri Negara.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada pembukaan Pertamina SMEXPO 2020 pada Rabu (9/9). Ia langsung mengapresiasi gelaran ini lantaran dapat menyelamatkan UMKM dari dampak pandemi.

“Pertamina sudah membuktikan dukungannya, mulai dari memberi pinjaman modal, membantu pemasaran, dan sekarang mengadakan pemasaran virtual berupa Pertamina SMEXPO 2020. Ini adalah salah satu terobosan penting agar UMKM bertahan,” kata Luhut, dalam sambutannya di acara Pertamina SMEXPO 2020, secara virtual, Rabu (9/9/2020).

Tak ketinggalan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga memuji kepedulian Pertamina yang menyelenggarakan acara ini sebagai ajang bisnis UMKM.

“Saat kondisi pandemic ini banyak UMKM terseok-seok, melalui Pertamina SMEXPO 2020, maka dapat membantu UMKM untuk bangkit dan produktif menangkap peluang. Mereka belajar untuk adaptasi dengan kebiasaan baru dan menjalankan pola bisnis yang berubah. SMEXPO juga memperluas akses pasar baik dalam negeri maupun luar negeri. Rasa cinta terhadap produk dalam negeri pun semakin tinggi. Ini adalah kontribusi terhadap program nasional, Bangga Buatan Indonesia,” ujar Teten.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio juga berharap acara ini dapat menjadi ajang promosi untuk produk lokal Indonesia.

“Selamat atas terselenggaranya Pertamina SMEXPO 2020. Dengan memanfaatkan teknologi di masa new normal ini, bisa menjadi wadah untuk mempromosikan produk dari daerahnya masing-masing. Ayo tunjukan potensi terbaik anak bangsa yang membuat bangga Indonesia,” kata Wishutama.

Selain itu, dukungan serupa juga datang dari Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin. Ia mendukung penuh Pertamina yang merupakan BUMN terbesar, dalam peran aktifnya mendukung UMKM Indonesia.

“Ini adalah langkah untuk mendukung pelaku UMKM agar ekonomi masyarakat bangkit dari pandemi. Pertamina sejak lama menunjukan komitmen untuk mendukung UMKM agar berdikari. Dari kegiatan ini Pertamina melakukan terobosan agar UMKM melek digital. Pemberdayaan UMKM dapat tetap dilakukan, jangkauan pasar jadi luas, bukan saja pasar domestik tapi juga mancanegara,” tambahnya.2 dari 3 halaman


Bantu UMKM Indonesia

UMKM Boneka Bertahan di Tengah Pandemi Corona
Ibu rumah tangga menyelesaikan pembuatan boneka adat Indonesia di Ammie Dolls, Kawasan Depok, Kamis (13/08/2020). UMKM binaan Pertamina ini sebelum masa pandemi mampu menghasilkan 200 pasang boneka tiap bulannya dengan harga antara 135 ribu hingga Rp 200 ribu per pasang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan dukungan penuh dari stakeholder menjadi kunci dalam upaya Pertamina membantu UMKM Indonesia. Karena membangun UMKM membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

“Kita harus bahu membahu melakukan upaya untuk survive. Pertamina komitmen kuat untuk membangun usaha kecil kita untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan menggelar Pertamina SMEXPO 2020, kami menghadirkan pameran virtual yang mempertemukan UMKM dengan potential buyer dalam dan luar negeri,” kata Nicke.

Nicke berharap ajang ini dapat bermanfaat bagi UMKM untuk mengembangkan wawasan. Ini juga menjadi motivasi bagi UMKM untuk adaptif dan semakin cepat menangkap peluang pasar digital, meningkatkan cinta kita terhadap produk dalam negeri, mari kita cintai produk lokal sehingga kita bisa keluar sebagai pemenang membawa Indonesia maju.

Seperti diketahui, Pertamina SMEXPO digelar mulai tanggal 9-11 September 2020. Acara ini menghadirkan 1.226 pilihan produk dari 100 UMKM mitra binaan Pertamina. Uniknya, keseluruhan acara ini digelar secara virtual. Mulai dari pameran, coaching business, business forum, fashion show, hingga transaksi jual beli dapat dilakukan langsung di platform digital ini dengan mengakses website www.pertaminasmexpo.com.

Beberapa kelompok produk yang tersedia mulai dari kerajinan (craft), kuliner (food & beverage), produk agrobisnis, hingga fashion. Pengunjung dapat melihat-lihat produk, bercakap-cakap (chat) dengan penjual, hingga bertransaksi langsung dengan aman dan nyaman. Selain itu ada juga penampilan artis dan games seru yang diadakan setiap hari.

sumber asli: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here