Pertamina Dorong Desa Wisata, Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih

0
413

Seputarenergi – Pertamina secara resmi meluncurkan wajah baru Balkai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringinputih. Peresmian ini dilakukan dalam acara BalkonFest yang digelar di Balkondes Wringinputih, Magelang, pada Minggu 23 Juli 2023.

Balkondes Wringinputih hadir dengan tampilan baru yang berkonsep arsitektur jengki, sebagai penyegaran tersendiri untuk nilai estetika pada masyarakat, merefleksikan bangunan yang lebih bersih dan luas. Sebelumnya, Balkondes menggunakan desain limas segi empat, beratap ijuk, serta struktur bambu yang memperkuat daya tarik dan keunikan bangunan tersebut.

Peresmian wajah baru Balkondes Wringinputih dilakukan secara simbolis oleh Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, bersama Direktur SDM Pertamina, M. Erry Sugiharto, dan Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina, M. Erry Sugiharto, mengungkapkan bahwa peresmian Balkondes Wringinputih merupakan hasil kolaborasi yang sangat baik antara warga Desa Wringinputih dan Pertamina, yang selalu hadir untuk mendukung sektor perekonomian dan pemberdayaan masyarakat melalui program TJSL.

“Malam ini kita bersama-sama meresmikan wajah baru Balkondes Wringinputih. Target kita bersama adalah meningkatkan sektor perekonomian dengan mempromosikan Desa Wringinputih melalui tampilan baru Balkondes Wringinputih sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata di Desa Wringinputih khususnya dan Magelang pada umumnya, dengan mendukung sektor pariwisata di sekitar Candi Borobudur,” jelasnya.

Balkondes Wringinputih merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Desa Wisata Pertamina, yang bertujuan untuk mendukung sektor pariwisata di sekitar Candi Borobudur. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yang menjadikan Borobudur sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Peluncuran Balkondes Wringinputih dengan konsep baru merupakan bagian dari komitmen Pertamina untuk mendukung kemandirian ekonomi dan energi bagi masyarakat. Pengembangan Balkondes Wringinputih melibatkan peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung pariwisata desa yang menyerap hingga 30 tenaga kerja lokal di Desa Wringinputih. Selain itu, Pertamina juga mendukung penyediaan sumber energi bersih melalui penggunaan solar panel untuk memenuhi kebutuhan listrik Balkondes.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, mengungkapkan apresiasi terhadap Pertamina atas inisiasi Balkondes ini. Ia berharap program ini tetap dijaga oleh masyarakat Wringinputih, sehingga dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Borobudur.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Magelang, Drs Sukamtono, juga memberikan apresiasinya terhadap pertumbuhan Balkondes. Ia menyatakan bahwa kehadiran Balkondes telah dirasakan oleh masyarakat dengan meningkatkan jumlah wisatawan di sekitar Candi Borobudur serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Dukungan Pertamina terhadap program Desa Wisata merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mengimplementasikan Environmental, Social, and Governance (ESG) dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama tujuan 7 (Energi Bersih dan Terjangkau) dan tujuan 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi).

Sebagai perusahaan pemimpin dalam bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals. Semua upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here