Pertamina Patra Niaga Aktifkan Satgas Nataru Pastikan Ketersediaan BBM

0
302

Seputarenergi – Pertamina Patra Niaga kembali mengambil inisiatif dengan mengaktifkan Tim Satuan Tugas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Satgas Nataru) guna memastikan kelancaran distribusi energi dan pemenuhan kebutuhan masyarakat selama periode libur Natal dan Tahun Baru. Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso, menjelaskan bahwa tim ini beroperasi mulai 15 Desember hingga 7 Januari 2024.

 “Tim Satgas Pertamina Patra Niaga aktif mulai 15 Desember hingga 7 Januari 2024 menjadi tulang punggung kelancaran distribusi energi dan akan berupaya ekstra dalam memastikan seluruh kebutuhan BBM, LPG, dan Avtur masyarakat terpenuhi dengan baik,” ujar Harsono Budi Santoso.

Dalam proyeksi konsumsi, Harsono menyoroti peningkatan sebesar 4 persen dalam konsumsi produk gasoline atau bensin, sementara LPG rumah tangga, baik subsidi 3 kg maupun non-subsidi, diperkirakan akan meningkat sekitar 3 persen. Kebutuhan Avtur juga diprediksi meningkat 6 persen dibandingkan dengan rata-rata penyaluran pada Oktober 2023. Namun, untuk gasoil atau diesel dan BBM industri, proyeksi menunjukkan penurunan sebesar 3,6 persen dan 9 persen.

 “Untuk memastikan pemenuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi tersebut, Pertamina Patra Niaga memastikan keandalan terminal, build up stock di SPBU dan SPBE di jalur utama dan jalur alternatif serta SPBU Kantong di beberapa titik. Tambahan mobil tanki dan awak serta prioritas menggeser mobil tangki ke jalur mudik utama,” jelasnya.

Ketahanan stok saat ini untuk Solar berada di angka 17 hari, Pertalite 19 hari, seluruh BBM non-subsidi mencapai 38-76 hari, LPG 17 hari, dan Avtur 26 hari. Harsono menambahkan bahwa di seluruh lembaga penyalur, baik SPBU maupun agen LPG, stok juga ditingkatkan 2-3 hari dari normal untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi masyarakat.

 “Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 Agen LPG, dan 71 DPPU. Layanan energi tambahan juga disiapkan, antara lain lebih dari 1.500 SPBU Siaga dan 4.700 Outlet LPG Siaga 24 jam, 48 Kiosk Pertamina Siaga, 185 motoris, 202 mobil tangki standby, dan 19 Rumah Pertamina Siaga,” tambah Harsono.

Layanan tambahan ini akan ditempatkan di jalur lintas utama, jalur tol, jalur rawan kemacetan atau bencana, dan lokasi wisata untuk memastikan ketersediaan energi dan kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik selama musim liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here