Sudah Saatnya RI Kembangkan Energi Terbarukan, Ini Kata Menteri ESDM

0
210

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan sudah saatnya Indonesia mengembangkan energi terbarukan, untuk memperbaiki lingkungan hidup. Dia mencontohkan seperti di kota Jakarta di mana kadar emisi karbonnya sudah di atas 40 persen.

Maka dari itu, penggalakan energi terbarukan mutlak diperlukan di Jakarta guna menekan tingkat emisi. “Di ASEAN, Jakarta paling tinggi (emisi karbon). Maka dari itu memang energi dari matahari betul-betul kita galakkan dan intensifkan,” ujarnya dalam acara Jakarta Energy Forum 2020 dengan tema ‘The Future of Energy’, di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Senin (2/3) lalu.

“Kita mempunyai lapangan bagaimana ini atap-atap rumah, atap gudang bisa dipasang panel-panel untuk ke depannya,” tambahnya.

Menurut dia, penggunaan atap surya juga bermanfaat memotong biaya listrik 15 persen hingga 20 persen. Selain itu, Menteri Arifin juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi tenaga bio, yang bisa digunakan sebagai peluang mengembangkan energi terbarukan.

“Kita punya potensi tenaga bio, ini adalah satu preventif untuk kita kalau kita ingin memanfaatkan, jadi prospek untuk bisa berkecimpung di energi terbarukan ini bisa akan sangat terbuka lebar, tergantung bagaimana kita bisa mencermati,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan pengembangan energi terbarukan, turut bisa membantu masyarakat yang tinggal di daerah, supaya bisa mendapatkan energi khususnya listrik yang digunakan untuk mendukung kecerdasan nasional. “Masyarakat yang tertinggal bisa memiliki energi khususnya penerangan, yang bisa mendorong anak-anaknya bisa belajar dan lebih cerdas,” ujarnya.

Sumber: Liputan 6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here