Mulai Hari Ini, Pertamina Berlakukan Harga Pertalite Setara Premium

0
582

Pertamina menyetarakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan BBM bersubsidi jenis Premium.

Kebijakan penyetaraan harga BBM Pertalite dan Premium ini mulai diberlakukan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Minggu, 21 Maret 2021.

Menurut Unit Manager Communication dan CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali, penyamaan harga kedua BBM itu tidak langsung dilegalkan secara serentak di seluruh daerah, melainkan bertahap.

“Program ini kami laksanakan secara bertahap,” ujar Syarifuddin pada Sabtu, 19 Maret 2021.

Jika sebelumnya harga Premium ditaksir lebih murah, ke depannya harga Pertalite justru  ditetapkan jadi Rp6.450 per liter atau lebih hemat Rp1.400 dari harga normal.

Adapun kelonggaran biaya BBM ini dapat dinikmati oleh konsumen dengan kendara motor roda dua dan roda tiga, mobil ber plat kuning seperti angkutan umum kota (angkot) dan taksi.

Sementara, terkait kebijakan baru Pertamina ini, Syarifuddin menuturkan bahwa pihaknya telah mendapat dukungan dari Gubernur Sulsel dan Wali Kota Makassar.

“Kami sudah melaporkan ke Gubernur Sulsel dan Wali Kota Makassar. Beliau berdua mendukung untuk mendorong konsumsi bahan bakar ramah lingkungan sekelas minimal Pertalite kepada masyarakat,” ujarnya.

Kabar baiknya, kemungkinan penyetaraan harga Pertalite dengan Premium akan diberlakukan juga di kota-kota lain baik di dalam maupun luar pulau Sulawesi.

“Nantinya akan menyusul di kota-kota besar lainnya di Sulawesi dan Indonesia,” kata dia.

Untuk periode pertama, ada 34 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di Kota Makassar dengan kebijakan sistem harga Pertalite setara dengan Premium.

Melalui program tersebut, pihaknya mengajak masyarakat beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas setara Pertalite RON 90.

Penggunaan Pertalite RON 90 dapat menekan polusi udara akibat tingginya emisi gas buang yang disebabkan penggunaan bahan bakar beroktan rendah setara Premium.

Selain itu, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi.

Sumber asli: pikiran-rakyat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here