Sampah Kelapa Sawit di Muba Dijadikan Bio Energi

0
357

Pemkab Musi Banyuasin (Muba) bersama dengan PT Revorma Sagara Artha melakukan inovasi menjadikan sampah replanting kelapa sawit bernilai ekonomis. Yakni dengan menjadikannya produk bio energi.

Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi, mengatakan PT Revorma Sagara Artha mempunyai teknologi pegolah batang sawit menjadi sebuah produk briket bio energi.

“Kita menginginkan agar potensi sumber daya alam dan perkebunan itu selalu memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat,” katanya, Sabtu (20/3).

Selain batangnya bisa diolah menjadi bio energi dengan mesin tersebut, masyarakat juga dapat memanfaatkan nira dari batang sawit yang direplanting menjadi gula merah.

Beni berharap dengan kegiatan ini kedepannya akan ada kerjasama dengan PT Pinago Utama yang saat ini tengah melakukan replanting pada ribuan hektare perkebunan sawit.

“Apabila dikerjakan dengan serius kita yakin bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi sumber pendapatan lain bagi masyarakat,” katanya.

Komisaris Utama PT RSA Technology, Irastu Linggawara, mengatakan pihaknya mempunyai suatu alternatif solusi terutama dalam memanfaatkan sampah kelapa sawit menjadi suatu bio energi, yang bisa digunakan untuk industri bahkan pengganti bahan bakar mesin dari batu bara.

“Kita sendiri sudah bergerak dipengelolaan sampah perkotaan di Bandung. Sampah organik lebih mudah pengolahannya dari sampah perkotaan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here