Dukung Percepatan Molis di Indonesia, Pertamina Hadir di PEVS 2023

0
148
Pertamina

Sebagai dukungan terhadap percepatan penggunaan motor listrik (molis) di Indonesia, Pertamina menghadirkan berbagai inovasi dalam menyediakan infrastruktur kendaraan listrik. Sejumlah inovasi dihadirkan dalam Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang berlangsung dari 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina terus mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sejalan dengan roadmap transisi energi yang dijalankan perusahaan.

“Pertamina telah menyediakan infrastruktur kendaraan listrik berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Battery Swapping Station (BSS) atau stasiun penukaran baterai dan bersama BUMN tengah mengembangkan baterai listrik melalui konsorsium Indonesia Battery Corporation (IBC),”ujar Fadjar.

Demi mendukung pertumbuhan molis, Pertamina melalui Sub Holding Commecial & Trading, menyiapkan 23 BSS atau stasiun penukaran baterai untuk molis yang ditempatkan di sejumlah SPBU di Jabodetabek dan Bali. Selain itu Pertamina juga telah menyiapkan 6 SPKLU di Jakarta.

Pertamina, imbuh Fadjar, mendukung pemerintah yang terus mempercepat penggunaan molis melalui kebijakan harga molis yang lebih terjangkau oleh masyarakat.

“Percepatan penggunaan molis menjadi salah satu langkah strategis dalam akselerasi transisi energi menuju NZE 2060 karena mampu mengurangi emisi karbon hingga 50%,” ujar Fadjar.

Abdullah salah satu pengguna molis Gesits mengatakan tertarik menggunakan molis karena lebih efisien. “Efisiensi, minim getaran mesin kendaraan dan perawatan cukup mudah“ kata Abdullah.

Abdullah sebagai pemakai setia molis, menurutnya molis lebih hemat dan ramah lingkungan “Beralih ke motor listrik agar lingkungan terjaga dari polusi,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here